BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Jumat, 07 Mei 2010

Herbal: Comfrey

Deskripsi:
Comfrey (Symphytum officinale) adalah tumbuhan semak yang abadi yang berasal dari Eropa dan subtropis bagian Asia. Tumbuhan ini menyukai tanah lembab, komprei memiliki batang, berbulu tebal, dan tumbuh 2-5 meter. Bungaberwarna ungu, biru atau keputih-putihan yang tumbuh di tangkai.

Kandungan:
Comfrey mengandung bahan yang membantu regenerasi kulit, termasuk allantoin, asam rosmarinic, dan tanin. Tanaman ini juga mengandung senyawa beracun yang disebut alkaloid pyrrolizidine.

Khasiat:
Comfrey digunakan untuk mengobati luka dan mengurangi radang yang terkait dengan terkilir dan patah tulang. Akar dan daun mengandung allantoin, zat yang membantu pertumbuhan sel-sel kulit baru, bersama dengan zat lain yang mengurangi inflamasi dan menjaga kulit tetap sehat. Salep Comfrey sering diterapkan pada permukaan kulit untuk menyembuhkan memar serta menarik otot dan sendi, patah tulang, atau terkilir.

Secara historis, komprei juga digunakan untuk mengobati penyakit gastrointestinal. Namun, ramuan yang mengandung bahan berbahaya yang disebut alkaloid pyrrolizidine sangat beracun untuk hati dan dapat menyebabkan kematian. Pada Juli 2001, Food and Drug Administration Amerika Serikat mengharuskan produsen suplemen makanan segera menarik semua produk Comfrey oral dari pasar. Demikian pula dengan Inggris, Australia, Kanada, dan Jermanyang juga melarang penjualan produk oral yang mengandung Comfrey.

Sebagai pencegahan efek samping penggunaan Comfrey, jangan pernah memberikan Comfrey pada anak melalui ulut dan jangan menggunakan krim atau salep yang mengandung Comfrey pada kulit anak. Selain itu penderita penyakit hati, alkoholisme, atau kanker dilarang memakai Comfrey.

Sumber: UMM-detikhealth.com.

0 komentar: